Thursday, Apr 17, 2014
Enam Bulan Pakai Biodiesel, Pemerintah Hemat Devisa US$592 Juta
Wapres meminta kementerian dan lembaga dorong penggunaan biodiesel

Thursday, Apr 17, 2014
ESDM: Pasokan CPO untuk BBN Mencukupi
Kelebihan ini kami gunakan untuk pemanfaatan lain yakni untuk biodiesel.

Thursday, Apr 17, 2014
Listrik naik terus, pengusaha bisa bangkrut
Industri yang paling berpengaruh terhadap kenaikan ini adalah industri hulu. Pengusaha pun harus melakukan efisiensi untuk menghadapi hal ini.

Thursday, Apr 17, 2014
BI Terbitkan Aturan Uang Elektronik
Nilai transaksi menggunakan uang elektronik ini mencapai sekitar Rp 10 triliun hingga Rp11 triliun per hari



BNBR 50.00 0.00%
BUMI.JK 210.00 -2.33%
UNSP 50.00 0.00%
ENRG 95.00 0.00%
BTEL 50.00 0.00%
ELTY 50.00 0.00%
BRMS 228.00 0.00%
DEWA 50.00 0.00%
ARMS.L 192.00 -1.03%
VIVA 294.00 -2.00%
BRAU 125.00 -2.34%
On Thursday, Apr 17, 2014 09:55




Tuesday, Nov 29, 2011
Temu Forum Koperasi Karyawan Bakrie Lahirkan Tujuh Langkah Strategis
by Newsletter Untuk Negeri

Induk Koperasi Bakrie (INKOPBA) baru saja menyelenggarakan Temu Forum Koperasi Karyawan Kelompok Usaha Bakrie dan Rapat Kerja Induk Koperasi Bakrie di Aula Universitas Bakrie, Jumat 25 November 2011.

Acara diawali dengan arahan yang disampaikan oleh Nugroho I. Purbowinoto selaku Badan Pengawas INKOPBA. Menurutnya, koperasi dapat berjalan maksimal, diperlukan tiga kunci sukses yakni; manajemen yang mendukung koperasi (political will), pengurus yang profesional, dan anggota yang aktif. Selain itu, INKOPBA menurut Nugroho seyogyanya tidak melakukan bisnis praktis dan diarahkan kepada perkuatan anggota dan sinergi bisnis potensial.

Sementara Ketua Umum INKOPBA Efdi Ruzaly, mengatakan dalam waktu dekat ini ada dua agenda utama yang akan dijalankan yakni; Pendirian miniplan minyak goreng, dan Bakrie Koperasi Award. Dalam kesempatan ini, Efdi juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua peserta Temu Forum Koperasi Bakrie dan Rapat Kerja INKOPBA.

Selain itu, peserta mendapatkan materi mengenai Pengelolaan Koperasi yang baik dan Profesional, materi disampaikan oleh Suwandi selaku Dosen Universitas Bakrie, dan juga kapasitasnya sebagai Anggota Tim Ahli Penyusunan RUU Koperasi, RPP Implementasi UU No. 20/2008 tentang UMKM dan Tenaga Ahli pada Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi dan UKM.

Dalam penjelasannya, Suwandi mengatakan Koperasi adalah perkumpulan otonomi dari orang-orang yang berhimpun secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi-aspirasi ekonomi, sosial, budaya melalui perusahaan yang mereka miliki bersama dan dikendalikan secara demokratis."Koperasi selain memenuhi kebutuhan bersama, namun juga dapat membantu orang perorang dan saling menguntungkan satu dengan yang lainnya, jelas Suwandi.

Lebih jauh, ia mencontohkan Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) kini mengalami kemajuan yang begitu pesat, jumlah anggotanya sebanyak 7.000 anggota dan produksi susu segar yang dihasilkan sebanyak 140.000kg/hari dari 22.000 ekor sapi."Saya berharap ke depannya, koperasi yang berada di naungan Kelompok Usaha Bakrie akan mengalami kemajuan yang pesat, dengan kemajuan itulah masyarakat akan merasakan manfaat, jelasnya.

Dalam acara ini peserta yang hadir menyepakati beberapa hal; pertama setiap koperasi akan membuat Business Plan tahun 2012 dan disampaikan kepada INKOPBA, sehingga INKOPBA dapat mengambil langkah-langkah perkuatan yang diperlukan, kedua untuk memudahkan komunikasi INKOPBA akan segera membuat Milling List Koperasi Karyawan Bakrie. Ketiga INKOPBA diharapkan dapat menjadi source of fund kebutuhan permodalan bagi koperasi primer (anggota). Keempat Bisnis/program potensial INKOPBA ke depannya akan diadakan Bakrie Koperasi Award yang akan dianugerahkan pada acara peringatan HUT Bakrie ke-70. Kelima Miniplan Pabrik Minyak Goreng di Jambi. Keenam Kerja sama dengan PT Bakrie Batavia Krisma untuk pemberangkatan umroh khusus untuk karyawan Perusahaan Bakrie, dan ketujuh adalah pengembangan Bee Mart berbasis franchise. (ITA/JFR/RBP)

Catatan: Newsletter Untuk Negeri adalah medium internal Kelompok Bakrie yang diterbitkan oleh Badan Pengelola Gerakan Bakrie Untuk Negeri